Apr 12, 2016

"Mengajak Santri Bagaimana Jatuh Cinta Pada Buku"

JADILAH PENULIS: Para santri menyimak pengalaman penulis buku Young Husnudzon Faisal Hilmi S.Th.I dalam seminar “Remaja Gaul Berteman Buku” yang diselenggarakan TBM Al-Huuriyah Desa Munjul Kecamatan Astanajapura. Foto: Moh Junaedi.
SUMBER – Menumbuhkan minat baca pada masyarakat, apalagi kepada remaja, adalah tindakan gampang-gampang susah. Perlu cara khusus agar mereka pun mau mengalihkan segala perhatiannya kepada kegiatan membaca, salah satunya mendatangkan mentor yang syarat pengalaman dengan aktivitas tersebut.

Kemarin, Taman Baca Masyarakat (TBM) Al-Huuriyah Desa Munjul Kecamatan Astanajapura, mengundang sebagian besar santri Blok Kedung Subur untuk hadir dalam sebuah seminar bertemakan “Remaja Gaul Berteman Buku”. Dalam seminar tersebut, panitia mengundang penulis buku Young Husnudzon Faisal Hilmi STh.I dan Kepala Seksi Sirkulasi dan Pengembangan Perpustakaan pada Kantor Perpustakaan Kabupaten Cirebon, H Harcan SSos.

Di depan para santri yang mayoritas didominasi kaum hawa ini, Hilmi menceritakan pengalaman pertamanya berkenalan dengan buku. Awalnya, dia sama seperti remaja pada umumnya, malas dalam membaca, kecuali Alquran. Namun, pada suatu hari, kakak sepupuhnya membawa sebuah novel karangan Habiburrahman Al-Sirazi yang terkenal saat itu, yakni Ayat-Ayat Cinta. Alhasil, pria yang lulusan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini, menjadi gemar membaca dan menuntun ilmu, sampai-sampai mampu menuliskan pengalaman hidupnya dalam sebuah buku yang berjudul Young Husnudzon. “Ayat-Ayat Cinta, menjadikan saya jatuh cinta pada pandangan pertama dengan buku,” katanya.

Tidak jatuh cinta, H Harcan menambahkan, dengan membaca buku dapat mengubah nasib seseorang, dari yang terpuruk akibat kegagalan hidup sampai akhirnya sukses menjadi wirausahawan. “Ini kisah nyata yang dialami oleh salah satu pengunjung setia Perpustakaan Daerah,” imbuhnya.

Artinya, membaca dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi. Karena, dalam buku pasti ada kiat, nasihat dan pengetahuan yang sangat penting untuk dipelajari dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. “Dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak mengerti jadi mengerti, dari yang mengerti menjadi lebih mengerti,” bebernya.

Kemudian, banyak kisah yang menceritakan, setiap orang besar itu, aktivitas yang tidak pernah ditinggalkannya adalah membaca buku. Bahkan, di rumahnya pasti mempunyai perpustakaan pribadi. “Setiap ada waktu senggang, pasti mereka sempatkan untuk membaca buku,” ujarnya.

Oleh karena itu, mulai dari sekarang mulai tanamkan minat baca dalam benak seluruh masyarakat. Perpustakaan Daerah mempunyai koleksi ratusan ribu judul buku, mulai dari buku bacaan anak-anak, sampai umum. “Jika telat mengembalikan kami tidak kenakan denda, tapi si peminjam disuruh milih, mau hafalan ayat Alquran, hafalan doa sehari-hari atau menjelaskan rangkuman buku yang sudah dibaca, tinggal pilih saja,” ungkapnya.

Sementara, ketua panitia kegiatan Malyanatul Huuriyah mengatakan seminar ini salah satu upaya Taman Baca Masyarakat (TBM) Al-Huuriyah untuk mengajak masyarakat, khususnya santri untuk minat terhadap membaca. Apalagi, akses santri untuk membuka internet sangat terbatas, maka perlu adanya media yang dapat menambah wawasan para santri selain ilmu agama yang mereka dapat dari pondok pesantren. “Kalau untuk mengajak langsung pasti sulit, jadi harus ada trik yang bisa menggerakkan para santri ini agar mau membaca buku,” katanya.

Di Taman Baca Masyarakat (TBM) Al-Huuriyah sudah ada 1.000 sampai 2.000 judul buku, mulai dari buku bacaan anak-anak, remaja, mahasiswa sampai umum. “Kami ingin membaca jadi budaya disini, sehingga santri dan masyarakat umum mempunyai kualitas dalam menghadapi dinamika jaman,” pungkasnya. (jun)


Source: Koran Radar Cirebon, Sabtu 5 Maret 2016 H. 2. Bung Faisal on Koran Radar Cirebon: Mengajak Santri Bagaimana Jatuh Cinta Pada Buku.

Inspiration Category

#YukHusnudzon! Acara Pemuda Aceh Africa Agenda Agent Pembicara Alumni Ambassadors America Arabian Arti Hidup Asean Asia Audio MP3 Ayat Motivasi Bali Banten Bengkulu Berita Pemuda Bersyukur Buku Bahas Pemuda Bung Faisal Catatan Masa Muda Ceramah Character Building Cinta Qur'an Conference Da'i Dasar Kebijakan Download Ebook EduWeb Europe Exstra Fenomena Masyarakat Gathering Sahabat PIC Gerakan Pemuda Global vision Go Edu Travel Gorontalo Honeymoon Backpacker How To Indeks Motivasi Indonesia Inspirasi International Conference Islam Internasional Islam Nusantara Jakarta Jambi Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Kalimantan Selatan Kalimantan Barat Kalimantan Tengah Kalimantan Timur Kalimantan Utara Karir Kerja Karya #SahabatPIC Karya Ambassador Karya Team Karya Tokoh Keluarga Muda Kemendikbud Kemenpora Kepulauan Bangka Belitung Kepulauan Maluku Kepulauan Riau Lampung Layanan Links Liputan Media Maluku Maluku Utara Motivasi Motivasi Inspirasi National Conference Nationalism Nekad Delegates Nusa Tenggara Barat Nusa Tenggara Timur Outbound Papua Papua Barat Peduli Pemuda Pelatihan Ramadhan Pemberdayaan Pemuda Pemerintah RI Pemuda Desa Pemuda Kece Membaca Pemuda Qur'an Penerbit Buku Pengembangan Pemuda PHBI PHBN Photo PIC Pustaka Poster Profil Profil Motivator PIC Center Program Public Speaking Training Puisi Pulau Jawa Pulau Papua Pulau Sumatera Quotes Inspirasi Qur'an Renungan Riau Rules Sahabat PIC Sejarah Pemuda Seminar SpeakUp Course Sukses UN Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara Testimoni Tips Belajar Tips Bergaul Tips Berprestasi Tips Cinta Tips Facebook Tips Ibadah Tips Jejaring Sosial Tips Membaca Tips Pendidikan Tips Remaja Tips Semangat Tips Wanita Tokoh Inspirasi Tokoh Pemuda Training Anak Muda Training Entrepeneurship Training Leadership Training Motivasi Training SMA SMK MA Travel Training True Story UKMWeb Video Visualisasi Afirmasi Mimpi Writer Training YHNC Yogyakarta Young Husnudzon Youth Achievement

Translate

UKMWeb

UKMWeb
Jasa Pembuatan Website Profil Bisnis .COM

Inspiration Links