Jun 27, 2016


Oleh: Adnan Wardihan,
#SahabatPICAmbassador Sulawesi Barat

Tak terasa bulan ramadhan telah tiba dan saat ini sudah menempati pertengahan bulannya. Suatu kesyukuran yang luar biasa dan terima kasih Allah yang masih memberikan kesempatan kepada kita semua untuk menjalani bulan ramadhan bersama keluarga, sahabat, rekan, dan pasangan hidup. Bulan ramadhan merupakan bulan suci yang penuh berkah, bulan dimana kita dianjurkan untuk melaksanakan ibadah puasa yaitu menahan lapar, haus dan segala bentuk nafsu kemudian melakukan amalan-amalan dan dilaksanakan setiap hari selama 1 bulan penuh.

Anak-anak asyk membaca mengikuti kegiatan Taman Baca Ramadhan di Sulbar


Datangnya bulan ramadhan pastinya akan mempengaruhi setiap aktivitas normal yang kita lakukan sehari–hari daripada di bulan ramadhan ini terkhususnya kepada pelajar/mahasiswa yang sedang menjalankan masa studinya. Seperti biasa banyak dari kita sebagai pelajar/mahasiswa yang akan mendapatkan banyak waktu luang dibandingkan di  bulan-bulan sebelum atau sesudahnya, dan kemudian waktu luang yang banyak didapatkan oleh pelajar/mahasiswa seringkali dimanfaatkan untuk mudik, liburan, wisata ramadhan, reunian dll. Yah itulah yang kebanyakan dari kita sebagai pelajar/mahasiswa lakukan. 

Namun coba kita renungkan sejenak, bukankah bulan ramadhan akan lebih baik jika seandainya sedikit saja kita ingin memikirkan lebih dalam lagi mengenai bagaimana dan seperti apa kita memanfaatkan waktu luang selama 1 bulan melakukan aktivitas yang mempunyai dampak positive ? Apalagj jika manfaatnya bukan hanya diri sendiri saja yang dapat merasakannya melainkan orang lain dan lingkungan sekitar juga mendapatkan dampak positive dari apa yang kita terapkan dalam memanfaatkan waktu luang tersebut. Lalu bagaimana caranya ? Dan Apa yang harus dilakukan ? 

Nah pertanyaan mengenai bagaimana caranya dan apa yang harus kita lakukan itu adalah tergantung dari diri kita sendiri karena pribadi seriap orang berbeda-beda dan setiap orang mempunyai cara tersendiri untuk mengatasi masalah di lingkungannya masing-masing. 

Oleh karena itu hal yang bisa saya sampaikan disini hanyalah motivasi dan dorongan untuk kita semua agar dapat memanfaatkan sebaik mungkin waktu luang yang diperoleh pelajar/mahasiswa selama bulan ramadhan. Bisa jadi memanfaatkan waktu luang disini berupa aktivitas yang dilakukan oleh pemuda yang terdiri dari pelajar dan mahasiswa selama bulan ramadhan berlangsung dan hanya dilaksanakan pada bulan ramadhan saja misalnya. Maka pembedanya adalah aktivitas pemuda disini bukanlah hanya sekedar kumpul-kumpul, bukber, reunian atau kegiatan yang sifatnya ceremonial saja. Aktivitas pemuda yang dimaksud adalah bagaimana pemuda disini bisa menciptakan suatu ide dan gagasan yang real dan dapat dilaksanakan maksimal serta hal yang paling utama adalah mempunyai dampak positive terhadap masyarakat lingkungan sekitar. Seperti contoh : GERAKAN PEMUDARAMADHAN.

Gerakan Pemuda Ramadhan adalah suatu kegiatan berupa aktivitas yang dilakukan oleh pemuda di Tinambung, kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat yang semata-mata demi untuk mewujudkan bulan ramadhan yang suci dan dipenuhi dengan berbagai aktivitas positive yang bermanfaat. Selain itu pula gerakan pemuda ramadhan ini bertujuan untuk mendukung peningkatan pendidikan dengan gerakan literasi di Sulbar melalui kegiatan Taman Baca Ramadhan, kemudian mendukung terwujudnya kesadaran masyarakat terhadap lingkungan yang bersih dan bebas sampah melalui kegiatan Jum’at Bersih, dan yang terakhir mendukung penuh pengembangan potensi kreativitas kesenian pemuda melalui konser ramadhan. 

Perlu kita ketahui bersama bahwa Gerakan Pemuda Ramadhan dengan mempunyai 3 agenda kegiatan yang hampir pelaksanaanya 1 bulan penuh ramadhan, itu tidaklah membutuhkan pendanaan sama sekali (wah gila emang). Padahal kita ketahui bersama bahwa hal yang paling menjadi prioriatas utama para pelajar/mahasiswa dalam membuat suatu kegiatan yaitu pendanaanya kan =D hehe. Tapi percaya saja tanpa pendanaan kita bisa membuat suatu kegiatan yang besar dan mempunyai manfaat serta dampak positive terhadap lingkungan. 

Namun sebelum itu ada syaratnya, nah syaratnya adalah kita semua harus bisa bersyukur dan menenangkan hati terlebih dahulu, setelah itu barulah kita mulai untuk memikirkan apa yang harus kita lakukan untuk memanfaatkan sebaik-baiknya waktu luang dibulan ramadhan sehingga mempunyai dampak positive, kemudian bagaimana agar kita bisa mewujudkan dan melaksanakan apa yang telah kita pikirkan dan masih banyak lagi hal lainnya, namun hal yang paling prioritas dan menentukan keberhasilan dari usaha kita adalah sekreative apa kita dalam menyelesaikan masalah. Jadi berusahalah untuk sekreative mungkin dalam memanfaatkan waktu luangmu.

Jadi initinya dalam memanfaatkan waktu luang sebaik mungkin terkhususnya di bulan ramadhan ini, yaitu kita harus selalu bersyukur, ingin memikirkan masalah, berkerja keras, dan sekreative mungkin dalam mengambil keputusan. Sekian dari saya, semoga kita semua bisa lebih kreativ dalam memanfaatkan waktu luang sehingga akan menimbulkan dampak positive untuk lingkungan sekitar utamanya untuk diri sendiri dahulu. 


Inspiration Category

#YukHusnudzon! Acara Pemuda Aceh Africa Agenda Agent Pembicara Alumni Ambassadors America Arabian Arti Hidup Asean Asia Audio MP3 Ayat Motivasi Bali Banten Bengkulu Berita Pemuda Bersyukur Buku Bahas Pemuda Bung Faisal Catatan Masa Muda Ceramah Character Building Cinta Qur'an Conference Da'i Dasar Kebijakan Download Ebook EduWeb Europe Exstra Fenomena Masyarakat Gathering Sahabat PIC Gerakan Pemuda Global vision Go Edu Travel Gorontalo Honeymoon Backpacker How To Indeks Motivasi Indonesia Inspirasi International Conference Islam Internasional Islam Nusantara Jakarta Jambi Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Kalimantan Selatan Kalimantan Barat Kalimantan Tengah Kalimantan Timur Kalimantan Utara Karir Kerja Karya #SahabatPIC Karya Ambassador Karya Team Karya Tokoh Keluarga Muda Kemendikbud Kemenpora Kepulauan Bangka Belitung Kepulauan Maluku Kepulauan Riau Lampung Layanan Links Liputan Media Maluku Maluku Utara Motivasi Motivasi Inspirasi National Conference Nationalism Nekad Delegates Nusa Tenggara Barat Nusa Tenggara Timur Outbound Papua Papua Barat Peduli Pemuda Pelatihan Ramadhan Pemberdayaan Pemuda Pemerintah RI Pemuda Desa Pemuda Kece Membaca Pemuda Qur'an Penerbit Buku Pengembangan Pemuda PHBI PHBN Photo PIC Pustaka Poster Profil Profil Motivator PIC Center Program Public Speaking Training Puisi Pulau Jawa Pulau Papua Pulau Sumatera Quotes Inspirasi Qur'an Renungan Riau Rules Sahabat PIC Sejarah Pemuda Seminar SpeakUp Course Sukses UN Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara Testimoni Tips Belajar Tips Bergaul Tips Berprestasi Tips Cinta Tips Facebook Tips Ibadah Tips Jejaring Sosial Tips Membaca Tips Pendidikan Tips Remaja Tips Semangat Tips Wanita Tokoh Inspirasi Tokoh Pemuda Training Anak Muda Training Entrepeneurship Training Leadership Training Motivasi Training SMA SMK MA Travel Training True Story UKMWeb Video Visualisasi Afirmasi Mimpi Writer Training YHNC Yogyakarta Young Husnudzon Youth Achievement

Translate

UKMWeb

UKMWeb
Jasa Pembuatan Website Profil Bisnis .COM

Inspiration Links