Jul 1, 2016

#SahabatPICAmbassador Sulawesi Tenggara

Dalam mengarungi kehidupan di alam semesta, manusia sebagai mahluk sosial tentunya telah tertanam dalam diri masing-masing atas  suatu kemauan ingin menggapai sesuatu hal yang diangan-angankan. Sama halnya seperti apa yang aku alami. Aku merupakan seorang anak yang hidup serba sederhana. Kisah ini diawali dengan perjalanan yang aku alami ketika untuk pertama kalinya menginajakan kaki di dunia perkuliahan. Saat itu, tepatnya pada bulan Juni 2013. Aku dinyatakan lulus di Salah satu Universitas ternama di Provinsi Sulawesi Tenggara yakni di Universitas Halu Oleo Kendari melalui jalur SBMPTN. 

Mimpi yang tertunda

Namun sebelumnya aku juga telah mendaftarkan diri di Universitas Islam Sultan Agung Semarang dan dinyatakan lolos di kampus tersebut dengan beasiswa Cerdas Sultraku. Beasiswa yang didedikasikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari Prov. Sulawesi Tenggara oleh Gubernur Sulawesi Tenggara. Namun, aku merasa terbebani dengan program beasiswa tersebut dan pastinya akan hidup di kota yang sangat berjauhan dengan orang tua. Begitulah pemikiran yang ada dibenak saya saat itu.  Hingga saya memutuskan untuk tetap melanjutkan studi di Universitas Halu Oleo melaui beasiswa BidikMisi.

Mulanya, sebelum mengikuti tes SBMPTN. Saya telah mengikuti pendaftaran melaui jalur SNMPTN dengan tujuan perguruan tinggi Institut Teknologi Bandung Fakultas Teknik Pertambangan. Besar niat dan keinginan saya untuk melanjutkan kuliah dikampus ternama tersebut. Namun, skenario Allah yang ditujukan tidak seperti apa yang aku inginkan. Aku tidak dinyatakan lolos. Kecewa, spirit down, sedih, seperti itulah perasaan yang saya alami. 

Tidak hanya sampai disitu, ketika pendaftaran SBMPTN dibuka, saya mencoba untuk mendaftarkan diri dengan tujuan kampus yang sama yakni ITB FMIPA Kimia untuk pilihan I, UGM Teknik Kimia pilihan ke-2, dan pilihan ke-3 yang menjadi pertimbangan yang begitu susah untuk diputuskan. Keinginan dan hati bertolak belakang. Keinginan untuk pilihan ke-3 adalah Kimia FMIPA Universitas Hasanudin. Anehnya saat prosesi pendaftaran online. Ketika upload foto, prosesi pendaftaran bermasalah, dengan keterangan bahwa file yang diunggah mempunyai kapasitas ukuran yang sangat besar. 

Foto diresize dan diunggah kembali. Namun, hal tersebut tidak berhasil. Berkali-kali dicoba namun tetap dengan permasalahan yang sama. Ketika hati berhendak mencoba iseng-isengan mengganti tujuan kampus pada pilihan ke-3 yakni menggantikannya dengan Universitas Halu Oleo Jurusan Kimia FMIPA. Alhasil proses pendaftaran berakhir dengan keterangan bahwa pendaftaran berhasil. Singat cerita, saat pengumuman tiba. Saya dinyatana lolos. Namun tidak di kampus yang saya idam-idamkan. Saya dinyatakan lulus pada pilihan ke-3 yakni di Univ. Halu Oleo.

Sontak sy berpikir, wah Allah menginkan saya untuk kuliah di Kampus Halu Oleo, karna sebelumnya proses pendaftaran bermasalah ketika kampus halu oleo tersebut tidak tertera dalam form pendaftaran online. Allah menginkan untuk menggapai mimpi dan cita-cita saya di kampus Halu Oleo. Mulailah saya untuk memperkuat tekad bahwa saya yakin saya akan sukses melalui UHO (Universitas Halu Oleo).

Waktu demi waktu berjalan, semester demi semester. Berbagai macam warna-warni cobaan yang dialami oleh seorang mahasiswa yang kehidupannya serba sederhana. Cobaan yang datang dari keluarga, ekonomi, sahabat, dosen, kuliah dan lain sebagainya.  Namun, cobaan tersebut bukan menjadi polemik bagi saya untuk putus asa. Bahkan dengan semua permasalahan tersebut saya menjadi kuat dan bersemangat untuk SUKSES. 

Saya yakin bahwa Allah memberikan cobaaan pada hambanya tidaklah diluar kesanggupan seorang hamba, maka dari itu saya tetap optimis untuk mengahdapi semua permasalahan tersebut. Hanya berbekal keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Serta harus memiliki hati yang sabar, super sabar. Itulah kunci yang saya pegang dalam menjalani kehidupan menjadi seorang mahasiswa.

Menjadi seorang mahasiswa, kita tidak hanya dituntut untuk menjadi seorang mahasiswa yang memiliki IPK tinggi, tapi kita juga dituntut untuk menjadi mahasiswa yang berguna bagi lingkungan sekitar, mampu bersosialisasi dan beradaptasi pada masyarakat. Pintar tidak cukup untuk menjadi bekal kesuksesan. Namun harus diiringi dengan sikap serta attitude yang baik. Lanjut cerita, mimpi-mimpi yang saya inginkan mulai menampakan dirinya. Yah, selama berkuliah di UHO beberapa kegiatan dan penghargaan yang saya raih.  Itulah kehendak Allah, jika tidak berkuliah di UHO, belum tentu saya bisa mendapatkan penghargaan-pengahargaan tersebut.

Mungkin itulah firman Allah bahwasanya “Boleh Jadi kamu membenci sesuatu, Padahal ia Amat baik bagimu, dan boleh Jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, Padahal ia Amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”  (QS. Al-Baqarah : 216)

Pesan :  Stay positive, hard work, make it happen.










Inspiration Category

#YukHusnudzon! Acara Pemuda Aceh Africa Agenda Agent Pembicara Alumni Ambassadors America Arabian Arti Hidup Asean Asia Audio MP3 Ayat Motivasi Bali Banten Bengkulu Berita Pemuda Bersyukur Buku Bahas Pemuda Bung Faisal Catatan Masa Muda Ceramah Character Building Cinta Qur'an Conference Da'i Dasar Kebijakan Download Ebook EduWeb Europe Exstra Fenomena Masyarakat Gathering Sahabat PIC Gerakan Pemuda Global vision Go Edu Travel Gorontalo Honeymoon Backpacker How To Indeks Motivasi Indonesia Inspirasi International Conference Islam Internasional Islam Nusantara Jakarta Jambi Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Kalimantan Selatan Kalimantan Barat Kalimantan Tengah Kalimantan Timur Kalimantan Utara Karir Kerja Karya #SahabatPIC Karya Ambassador Karya Team Karya Tokoh Keluarga Muda Kemendikbud Kemenpora Kepulauan Bangka Belitung Kepulauan Maluku Kepulauan Riau Lampung Layanan Links Liputan Media Maluku Maluku Utara Motivasi Motivasi Inspirasi National Conference Nationalism Nekad Delegates Nusa Tenggara Barat Nusa Tenggara Timur Outbound Papua Papua Barat Peduli Pemuda Pelatihan Ramadhan Pemberdayaan Pemuda Pemerintah RI Pemuda Desa Pemuda Kece Membaca Pemuda Qur'an Penerbit Buku Pengembangan Pemuda PHBI PHBN Photo PIC Pustaka Poster Profil Profil Motivator PIC Center Program Public Speaking Training Puisi Pulau Jawa Pulau Papua Pulau Sumatera Quotes Inspirasi Qur'an Renungan Riau Rules Sahabat PIC Sejarah Pemuda Seminar SpeakUp Course Sukses UN Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara Testimoni Tips Belajar Tips Bergaul Tips Berprestasi Tips Cinta Tips Facebook Tips Ibadah Tips Jejaring Sosial Tips Membaca Tips Pendidikan Tips Remaja Tips Semangat Tips Wanita Tokoh Inspirasi Tokoh Pemuda Training Anak Muda Training Entrepeneurship Training Leadership Training Motivasi Training SMA SMK MA Travel Training True Story UKMWeb Video Visualisasi Afirmasi Mimpi Writer Training YHNC Yogyakarta Young Husnudzon Youth Achievement

Translate

UKMWeb

UKMWeb
Jasa Pembuatan Website Profil Bisnis .COM

Inspiration Links