Aug 17, 2016


Oleh : Hengki Agus Rifa'i, ‪

17 Agustus 71 tahun silam, Indonesia menyaksikan sebuah momentum besar yang akan selalu dikenang sepanjang masa berdirinya Republik ini. Perjuangan dengan pengorbanan harta, jiwa, dan tenaga rakyat Indonesia telah menemui titik puncaknya dengan proklamasi kemerdekaan; sebuah pernyataan diri untuk bebas dan lepas dari monopoli dan kolonialisasi, serta kesiapan untuk menata masa depan dengan mandiri. Tak hanya darah pahlawan, kemerdekaan Indonesia tak lepas dari sumbangsih besar hasil cucuran keringat pengorbanan pemuda pertiwi yang mendambakan sebuah negeri yang berdaulat, bukan hanya untuk mulai menentukan nasibnya sendiri, tapi juga menjadi sebuah bangsa yang besar dengan segala pencapaiannya.

Hengki Agus Rifa'i, Sahabat PIC Ambassador Sumatera Barat
Hari ini, Indonesia bersorak bersuka cita menyanyikan lagu Indonesia Raya di sekolah, tanah lapang, dan jala raya, sekali lagi untuk mengenang momen sakral, tepat tujuh puluh satu tahun silam. Kemerdekaan yang kita diperingati kini sedikit banyak telah membawa perubahan yang lebih baik bagi bangsa ini. Sayangnya, kita perlu mengakui bahwa apa yang kita raih selama 71 tahun ini tidak lebih baik dari apa yang telah diraih Republik Korea Selatan selama 68 tahun terakhir. Dengan jarak waktu kemerdekaan yang hanya berbeda 2 hari dalam hitungan, Republik Korea Selatan telah jauh mengungguli kita dalam banyak hal, terutama kemajuan ekonomi, terlepas dari kondisi perang saudara yang mereka alami sampai saat ini. Sudah sepatutnya kita bertanya kepada diri sendiri, “Mengapa bisa seperti ini?”

Hal yang patut kita perhatikan adalah Korea Selatan merupakan satu dari lima Negara yang mengalami bonus demografi dan sukses memanfaatkan kondisi tersebut untuk jauh memajukan negaranya. Sadar dengan kondisi geografis dan sumber daya alam mereka yang tidak terlalu signifikan, Korea Selatan bergerak habis-habisan untuk mengembangkan sumber daya manusia yang mereka miliki. Majunya industri yang ditandai dengan banyaknya perusahaan teknologi canggih dan merebaknya budaya Korea di hampir seluruh penjuru dunia adalah bukti bagaimana mereka sukses memanfaatkan bonus demografi.

Hal ini tidak terlepas dari upaya masif yang dilakukan Pemerintah Korea Selatan untuk mengembangkan intellectual capital yang mereka miliki, salah satunya adalah dengan mengirimkan sebanyak mungkin pemuda untuk belajar di luar negeri untuk kemudian pulang dan membangun negaranya. Tak heran jika kemudian kita menjumpai Samsung yang mampu bersaing dengan Apple dan produk industri otomotif Korea yang menyaingi Toyota.

Indonesia akan mengalami bonus demografi dalam beberapa tahun ke depan; sebuah kondisi dimana jumlah penduduk usia produktif akan jauh melebihi jumlah penduduk usia non-produktif. Kondisi ini juga akan dibarengi dengan menurunnya tingkat dependensi kelompok usia non-produktif terhadap kelompok usia produktif. Kondisi bonus demografi ini tentu adalah sebuah peluang sekaligus tantangan besar bagi Indonesia karena jumlah pemuda yang tinggi akan meningkatkan kemungkinan produktifitas. Untuk itu, sudah saatnya bagi Indonesia untuk berbenah, mempersiapkan diri untuk menyambut peluang ini. Pemuda adalah kunci pembangunan Negara; oleh karena itu, pembangunan dan pengembangan pemuda adalah mutlak sebuah keharusan. 

Untuk itu, sudah waktunya bagi Indonesia untuk mulai membangun pemuda dengan salah satu hal krusial: meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Dalam beberapa tahun ke depan, Indonesia membutuhkan pemuda yang bukan hanya mampu bekerja untuk menghidupi keluarganya tapi juga menyumbangkan tenaganya untuk Negara. Indonesia membutuhkan pemuda yang bukan hanya mencari pekerjaan tapi sebisa mungkin juga membuka peluang kerja bagi pemuda lain. 

Indonesia membutuhkan pemuda yang mampu mengintegrasikan diri untuk berkolaborasi satu sama lain. Indonesia membutuhkan pemuda yang mampu berdiri di kaki sendiri untuk membangun negeri tercinta ini. Dengan peringatan 71 tahun proklamasi Indonesia, Tanah Air harus terus bekerja untuk membangun pemuda demi kemajuan bangsa.






Inspiration Category

#YukHusnudzon! Acara Pemuda Aceh Africa Agenda Agent Pembicara Alumni Ambassadors America Arabian Arti Hidup Asean Asia Audio MP3 Ayat Motivasi Bali Banten Bengkulu Berita Pemuda Bersyukur Buku Bahas Pemuda Bung Faisal Catatan Masa Muda Ceramah Character Building Cinta Qur'an Conference Da'i Dasar Kebijakan Download Ebook EduWeb Europe Exstra Fenomena Masyarakat Gathering Sahabat PIC Gerakan Pemuda Global vision Go Edu Travel Gorontalo Honeymoon Backpacker How To Indeks Motivasi Indonesia Inspirasi International Conference Islam Internasional Islam Nusantara Jakarta Jambi Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Kalimantan Selatan Kalimantan Barat Kalimantan Tengah Kalimantan Timur Kalimantan Utara Karir Kerja Karya #SahabatPIC Karya Ambassador Karya Team Karya Tokoh Keluarga Muda Kemendikbud Kemenpora Kepulauan Bangka Belitung Kepulauan Maluku Kepulauan Riau Lampung Layanan Links Liputan Media Maluku Maluku Utara Motivasi Motivasi Inspirasi National Conference Nationalism Nekad Delegates Nusa Tenggara Barat Nusa Tenggara Timur Outbound Papua Papua Barat Peduli Pemuda Pelatihan Ramadhan Pemberdayaan Pemuda Pemerintah RI Pemuda Desa Pemuda Kece Membaca Pemuda Qur'an Penerbit Buku Pengembangan Pemuda PHBI PHBN Photo PIC Pustaka Poster Profil Profil Motivator PIC Center Program Public Speaking Training Puisi Pulau Jawa Pulau Papua Pulau Sumatera Quotes Inspirasi Qur'an Renungan Riau Rules Sahabat PIC Sejarah Pemuda Seminar SpeakUp Course Sukses UN Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara Testimoni Tips Belajar Tips Bergaul Tips Berprestasi Tips Cinta Tips Facebook Tips Ibadah Tips Jejaring Sosial Tips Membaca Tips Pendidikan Tips Remaja Tips Semangat Tips Wanita Tokoh Inspirasi Tokoh Pemuda Training Anak Muda Training Entrepeneurship Training Leadership Training Motivasi Training SMA SMK MA Travel Training True Story UKMWeb Video Visualisasi Afirmasi Mimpi Writer Training YHNC Yogyakarta Young Husnudzon Youth Achievement

Translate

UKMWeb

UKMWeb
Jasa Pembuatan Website Profil Bisnis .COM

Inspiration Links