Sep 15, 2016

Young Husnudzon National Conference


A. Background

"Kamu adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia. Menyeru pada kebaikan, dan mencegah dari kejahatan."
(QS. Ali Imran : 110)

Indonesia sebagai negara dengan penduduk ke-4 terbesar di dunia. Negara berpenduduk Muslim terbesar ke-1 di dunia. Mayoritas warga Indonesia adalah pemuda berumur 16-30 tahun sebayak 62 juta jiwa (Sensus Penduduk 2010). Dimana 1 dari 4 orang Indonesia adalah pemuda. Sudah sepantasnya Indonesia dapat menjadi negara yang beradab dan maju. Menjadi pemimpin dan inspirasi bagi bangsa-bangsa lain.

Background YHNC I
Kita semua sepakat bahwa tanggungjawab bangsa Indonesia masa depan adalah di pundak generasi muda saat ini. Namun kondisi pemuda saat ini cukup memprihatinkan. DKT Indonesai menyebutkan bahawa 39% Remaja usia 15-19 tahun (siswa setingkat SMP-SMA) sudah pernah hubungan seksual, sedang pemuda usia 20-25 tahun (mahasiswa) pernah hubungan seksual lebih dari separuhnya yaitu sebanyak 61%  (Sexual Behaviore Survey, 2011). Hubungan seks bebas ini akhirnya melahirkan sekitar 20% atau 700-800 ribu aborsi dilakukan remaja dari 2,4juta kasus per-tahun (BKKBN, 2012). Sedang kasus Aids di Indonesia terjadi pada usia 15-29 tahun sebanyak 35,3% (Kementerian Kesehatan, 2014).

Dewasa ini bukanlah menjadi rahasia bahwa mayoritas pemakai narkoba adalah pemuda. BNN mencatat 50-60% Pengguna narkoba adalah pemuda dari total pengguna 3,8-4,2 juta jiwa (Penelitian BNN dan UI, 2012).  Lebih dari 23% konsumsi minuman keras terjadi pada pemuda (Kementerian Sosial, 2015). Tawuran pelajar sebanyak 339 kasus yang mengakibatkan 82 siswa meninggal dunia (Komnas Anak, 2011). Lebih dari 52 korban geng motor terjadi dalam 38 kasus, terdiri dari 24 luka-luka dan 28 pelajar meninggal (Indonesia Police Watch, 2014). Kenakalan remaja mengalami peningkatan 36,33% (Polda Metro Jaya, 2012).

Mengenai toleransi dan keberagaman juga cukup memprihatinkan, 14,2% Anak muda setuju pemboman (LaKIP, 2011). Dalam bidang pendidikan BPS merilis 63% pemuda hanya berpendidikan kurang dari SLTP, hanya kurang dari 6% berpendidikan tinggi (Badan Pusat Statistik, 2012). Belum lagi dalam aspek kesejahteraan dan ekonomi, dari 7,45 juta total pengangguran di Indonesia,  400ribu pengangguran adalah pemuda bertitel sarjana (Badan Pusat Statistik, 2015). Sedang total wirausaha kita masih kurang dibawah standar, yaitu 1,65% jumlah pengusaha dari populasi 240 juta jiwa (Kementerian Koperasi dan UKM, 2015).

Background YHNC II
Satu sisi generasi muda diselimuti masalah, namun di sisi lain pemuda adalah ujung tombak solusi masalah bangsa, termasuk masalah pemuda itu sendiri. Potensi besar pemuda ini tergambar jelas dalam ungkapan Sang Proklamator Bung Karno, "Berikan aku 1.000 orang tua, niscaya akan ku cabut semeru dari akarnya. Berikan aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia." Memang begitu powerful posisi pemuda. Dalam ratusan tahun bangsa kita dijajah, ditangan kaum muda Indonesia akhirnya merdeka. Seperti yang tercatat dalam sejarah peristiwa 16 Agustus 1945, sehari sebelum kemerdekaan.

Tugas pemuda pasca merdeka saat ini sesungguhnya bukan berarti lebih mudah. Dalam tiap zaman akan selalu ada tantangan yang harus diselesaikan. Termasuk hal utama yang harus dilakukan pemuda adalah mengembangkan dirinya. Setelah hal itu berhasil dilakukan, maka tahap selanjutnya pemuda akan menjadi agen perubahan yang nyata bagi masyarakatnya. Bukankah semua hal besar dilakukan dari hal yang kecil. Maka kebesaran Indonesia di masa depan bermula dari memperbaiki dan mengembangkan generasi muda saat ini.

Kegiatan Young Husnudzon National Conference yang diselenggarakan oleh Positive Impact Center merupakan bagian dari memperingati ulang tahun ke-4 lembaga pengembangan pemuda tersebut yang telah berdiri sejak 10 Oktober 2012. Konferensi tahun 2016 ini bekerjasama dengan HMJ IQTAF UIN Jakarta sebagai Host University. Program Young Husnudzon adalah salahsatu program unggulan yang digagas untuk menumbuh kembangkan paradigma husnudzon khususnya pada generasi muda agar menjadi pemuda unggulan berpola pikir solusi, berkembang, dan maju. 

Background YHNC III

Program ini mengajak bersama generasi muda, pemerintah, dan pihak strategis lain yang peduli pemuda guna mencapai tujuan seperti yang tercantum dalam Pasal 3 Undang-Undang nomor 40 tahun 2009 tentang Kepemudaan, “Pembangunan kepemudaan bertujuan untuk terwujudnya pemuda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggungjawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.”

Seluruh hal di atas menjadi latar belakang dan semangat dasar penyelenggaraan Young Husnudzon National Conference yang mengangkat tema “Pengembangan Pemuda Indonesia Persepktif Generasi Muda”. Kegiatan ini mengajak generasi muda seluruh Indonesia untuk berbicara dan memahami lebih jauh dan mendalam perihal bagaimana semestinya pengembangan generasi muda.

B. Tujuan

1. Menumbuhkembangkan kesadaran dan kepedulian terhadap dinamika pengembangan pemuda Indonesia.

2. Menumbuhkan pemahaman tentang pentingnya paradigma husnudzon dalam pengembangan hidup dan berbangsa.

3. Mengajak generasi muda dari seluruh Indonesia untuk mengidentifikasi potensi, hambatan, peluang dan tantangan yang dihadapi generasi muda dalam konteks nasional.

4. Mendorong generasi muda seluruh Indonesia untuk bersama-sama merumuskan rekomendasi kebijakan negara dalam pengembangan pemuda yang mencakup sektor Pendidikan dan Agama, Sosial dan Budaya, Hukum dan Politik, Kesehatan dan Lingkungan, serta Ekonomi dan Kewirausahaan.

5. Mengajak generasi muda seluruh Indonesia untuk turut mewarnai dan mengawal pembentukan Nation Character Building yang berbasis pada Al-Qur'an dan Pancasila.

6. Mengajak generasi muda seluruh Indonesia untuk turut serta menjadi subjek pelopor pengembangan pemuda lainnya.


Inspiration Category

#YukHusnudzon! Acara Pemuda Aceh Africa Agenda Agent Pembicara Alumni Ambassadors America Arabian Arti Hidup Asean Asia Audio MP3 Ayat Motivasi Bali Banten Bengkulu Berita Pemuda Bersyukur Buku Bahas Pemuda Bung Faisal Catatan Masa Muda Ceramah Character Building Cinta Qur'an Conference Da'i Dasar Kebijakan Download Ebook EduWeb Europe Exstra Fenomena Masyarakat Gathering Sahabat PIC Gerakan Pemuda Global vision Go Edu Travel Gorontalo Honeymoon Backpacker How To Indeks Motivasi Indonesia Inspirasi International Conference Islam Internasional Islam Nusantara Jakarta Jambi Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Kalimantan Selatan Kalimantan Barat Kalimantan Tengah Kalimantan Timur Kalimantan Utara Karir Kerja Karya #SahabatPIC Karya Ambassador Karya Team Karya Tokoh Keluarga Muda Kemendikbud Kemenpora Kepulauan Bangka Belitung Kepulauan Maluku Kepulauan Riau Lampung Layanan Links Liputan Media Maluku Maluku Utara Motivasi Motivasi Inspirasi National Conference Nationalism Nekad Delegates Nusa Tenggara Barat Nusa Tenggara Timur Outbound Papua Papua Barat Peduli Pemuda Pelatihan Ramadhan Pemberdayaan Pemuda Pemerintah RI Pemuda Desa Pemuda Kece Membaca Pemuda Qur'an Penerbit Buku Pengembangan Pemuda PHBI PHBN Photo PIC Pustaka Poster Profil Profil Motivator PIC Center Program Public Speaking Training Puisi Pulau Jawa Pulau Papua Pulau Sumatera Quotes Inspirasi Qur'an Renungan Riau Rules Sahabat PIC Sejarah Pemuda Seminar SpeakUp Course Sukses UN Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara Testimoni Tips Belajar Tips Bergaul Tips Berprestasi Tips Cinta Tips Facebook Tips Ibadah Tips Jejaring Sosial Tips Membaca Tips Pendidikan Tips Remaja Tips Semangat Tips Wanita Tokoh Inspirasi Tokoh Pemuda Training Anak Muda Training Entrepeneurship Training Leadership Training Motivasi Training SMA SMK MA Travel Training True Story UKMWeb Video Visualisasi Afirmasi Mimpi Writer Training YHNC Yogyakarta Young Husnudzon Youth Achievement

Translate

UKMWeb

UKMWeb
Jasa Pembuatan Website Profil Bisnis .COM

Inspiration Links