Jan 9, 2017

Oleh : Kurnia Sandi

Usia muda, masa dimana seseorang memiliki semangat yang luar biasa. Penggalan lagu dari raja dandut  Bang H. Rhoma Irama, “Masa muda masa yang berapi-api”. Sejatinya pemuda adalah harapan bangsa yang kelak akan memimpin dunia. Banyak ide-ide kreatif yang mampu mucul dari pemuda. Dengan inovasi yang terus dikembangkan akan memberikan dampak yang luar biasa kedepannya. Pemuda sekarang menentukan nasib bangsa kedepannya. Bangsa Indonesia awal mulanya merdeka diantaranya oleh gagasan dari para pemuda.


Pemuda Berdikari

Indonesia negara yang kaya, baik dalam segala aspek. Utamanya sumber daya alam. Namun yang dapat kita lihat banyak beberapa faktor penghambat untuk kemajuan negara. Orang-orang kadang bermalas-malasan dan lalai akan tanggung jawabnya. Tidak dipungkiri Indonesia memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang berlimpah. Namun, nyatanya banyak SDA tersebut tidak menjadikan negara kita maju. Bahkan sejajar dengan bangsa lain pun sangat sulit. 

Seharusnya kita bisa, bahkan lebih bisa maju dibanding dengan berbagai negara maju. Melihat sumber daya alam yang kita miliki. Dari Sabang sampai Merauke berbagai macam flora dan fauna yang kita miliki. Tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman. Inilah lirik lagu Kolam Susu karya Koes Plus. Kekayaan alam yang kita miliki itu semua tidak dimiliki negara maju. Lantas mengapa negara kita tidak bisa seperti negara maju? Mungkin jawabannya karena negara kita tidak memiliki sumber daya manusia yang mampu mengelola dan meningkatkan pembangunan ekonomi yang didukung ilmu pengetahuan. Lalu siapa yang menjadi penerus untuk mewujudkan cita-cita bangsa ini? Jawabannya kita semua sebagai pemuda bangsa Indonesia yang siap maju untukperbaikan dalam berbagai aspek kehidupan.

Sebagai generasi muda, sudah selayaknya kita mengambil peran kita dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Melaksanakan tugas dan kewajiban kita semua dengan sebaik-baiknya. Mampu melakukan perubahan untuk arah yang lebih baik lagi. Kegiatan-kegian inovatif yang menjadi gebrakan kreatifitas untuk kemajuan bangsa. Diantara kalangan pemuda dalam mengisi segala aktivitas perlu produktivitas dan kualitas yang harus terus dijaga. 

Selain itu pengembangan potensi dan kemandirian dengan konsep yang terarah. Konsep kemandirian dapat kita artikan sebagai pemenuhan dan pengerjaan segala sesuatu dengan kemampuan sendiri, sebisa mungkin dan tidak bergantung pada orang lain. Tak mudah semuanya, apalagi realita pemuda sekarang kebanyakan mereka bersikap apatis, yang menurutnya baik-baik saja. Padahal kemandirian bangsa membutuhkan peranan dari pemuda yang mampu menjadi creator.  Pendidikanlah yang diharapkan mampu mencetakgenerasi pemuda yang unggul.

Sebagi pemuda Indonesia. Kita menjadi asset yang sangat berharga untuk bangsa kita ini. Pemuda yang diharapkan memiliki modal imtaq dan iptek mampu menggerakkan perubahan ke arah yang lebih baik. Kemudian memiliki soft skill yang dimiliki oleh pemuda mampu meberikan output berupa pembangunakemandirian yang memiliki nilai positif bagi bangsa kita ini.

Olehnya itu peranan pemuda sangatdiharapkan dalam pembangunan bangsa dalam berbagai aspek. Hakikatnya, suatu pembangunan yang perlu diwujudkan adalah pembangunan insan-insannya. Diharapkan menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. Dengan SDA yang melimpah, dimiliki bangsa ini bisa didukung pengembangannya dengan SDA yang memadai, ditunjang dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pemuda diharapkan mampu berkompeten dalam bidang tersebut. Kita semua harus percaya bahwa seluruh pemuda Indonesia yang lahir dan hidup saat ini mampu membuat gebrakan untuk menuju negara maju. Mari sebagai generasi muda kita bergerak untuk maju dengan kemandirian yang kit miliki. Karena dengan kemandirian dan eksistensi yang kita miliki itulah yang menjadikan mampu diakui dalam mata dunia. Saatnya menjadi tuga kita sebagai generasi muda, seorang pemimpin yang akan mewujudkan cita-cita luhur bangsa.

Majunya Suatu Bangsa Ada Pada Semangat Kemandirian Pemuda 
Oleh Kurnia Sandi, Sahabat PIC Ambassador Sulawesi Selatan.

Inspiration Category

#YukHusnudzon! Acara Pemuda Aceh Africa Agenda Agent Pembicara Alumni Ambassadors America Arabian Arti Hidup Asean Asia Audio MP3 Ayat Motivasi Bali Banten Bengkulu Berita Pemuda Bersyukur Buku Bahas Pemuda Bung Faisal Catatan Masa Muda Ceramah Character Building Cinta Qur'an Conference Da'i Dasar Kebijakan Download Ebook EduWeb Europe Exstra Fenomena Masyarakat Gathering Sahabat PIC Gerakan Pemuda Global vision Go Edu Travel Gorontalo Honeymoon Backpacker How To Indeks Motivasi Indonesia Inspirasi International Conference Islam Internasional Islam Nusantara Jakarta Jambi Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Kalimantan Selatan Kalimantan Barat Kalimantan Tengah Kalimantan Timur Kalimantan Utara Karir Kerja Karya #SahabatPIC Karya Ambassador Karya Team Karya Tokoh Keluarga Muda Kemendikbud Kemenpora Kepulauan Bangka Belitung Kepulauan Maluku Kepulauan Riau Lampung Layanan Links Liputan Media Maluku Maluku Utara Motivasi Motivasi Inspirasi National Conference Nationalism Nekad Delegates Nusa Tenggara Barat Nusa Tenggara Timur Outbound Papua Papua Barat Peduli Pemuda Pelatihan Ramadhan Pemberdayaan Pemuda Pemerintah RI Pemuda Desa Pemuda Kece Membaca Pemuda Qur'an Penerbit Buku Pengembangan Pemuda PHBI PHBN Photo PIC Pustaka Poster Profil Profil Motivator PIC Center Program Public Speaking Training Puisi Pulau Jawa Pulau Papua Pulau Sumatera Quotes Inspirasi Qur'an Renungan Riau Rules Sahabat PIC Sejarah Pemuda Seminar SpeakUp Course Sukses UN Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara Testimoni Tips Belajar Tips Bergaul Tips Berprestasi Tips Cinta Tips Facebook Tips Ibadah Tips Jejaring Sosial Tips Membaca Tips Pendidikan Tips Remaja Tips Semangat Tips Wanita Tokoh Inspirasi Tokoh Pemuda Training Anak Muda Training Entrepeneurship Training Leadership Training Motivasi Training SMA SMK MA Travel Training True Story UKMWeb Video Visualisasi Afirmasi Mimpi Writer Training YHNC Yogyakarta Young Husnudzon Youth Achievement

Translate

UKMWeb

UKMWeb
Jasa Pembuatan Website Profil Bisnis .COM

Inspiration Links