Jan 19, 2017


Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa. Menurut KBBI membaca adalah kegiatan melihat dan memahami isi dari apa yang dituliskan baik dengan melisankan ataupun dalam hati. Menurut data survei UNESCO minat baca masyarakat Indonesia baru 0,001 persen. Artinya, dalam seribu masyarakat hanya ada satu masyarakat yang memiliki minat baca.

Mayoritas penduduk Indonesia adalah generasi muda. Kebanyakan dari mereka memiliki minat baca yang rendah. Banyak berpendapat, kegiatan yang membosankan hanya membuang waktu. Mereka lebih memilih hal-hal menarik lainnya. Namun bagaimanapun alasannya membaca adalah hal yang penting untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan. Dengan membaca mampu mengetahui informasi dari berbagai pelosok dunia.

Pemuda Kece Membaca, Anak muda yang suka baca itu keren 

Penjelasan yang paling mendasar akan pentingnya membaca bagi ummat muslim pada khususnya, di tuangkan dalan Q.S. Al-‘Alaq (96) ayat 1-5. Allah memerintahkan untuk membaca. “Iqra” Bacalah. Perintah membaca sedemikian pentingnya sehingga diulang dua kali dalam rangkaian wahyu pertama  Nabi Muhammad Saw. Perintah membaca tidak semata-mata hanya ditujukan kepada pribadi Nabi Muhammad Saw semata, melainkan untuk manusia sepanjang sejarah kemanusiaan. Dengan kata lain, realisasi perintah tersebut merupakan kunci jalan menuju  kebahagiaan.

Minat dan kebiasaan membaca perlu di tumbuhkan. Motivasi yang kuat dan dorongan dari berbagai pihak salah satunya dapat diberikan. Dalam pemberian pemahaman bagi generasi muda bukannlah menjadi pekerjaan mudah, butuh waktu, yang tidak didapatkan dalam waktu singkat. Seluruh komponen harus bekerja sama untuk menciptakan generasi yang minat baca di negara kita Indonesia. Adanya fasilitas umum seperti perpustakaan, taman baca dan promosi pentingnya membaca melalui berbagai media massa, seperti TV, radio, majalah dan lainnya. Hal tersebut menunjang minat baca dan penggunaan dimaksimalkan. Generasi muda adalah harapan bangsa dengan wawasan luas yang dimiliki maka menunjang kemajuan suatu bangsa.
Baca lainnya: Hari Aksara Internasional 2016 : Membaca Masa Lalu, Menulils Masa Depan
Dengan keterampilan membaca, setiap orang akan dapat memasuki dunia keilmuan yang penuh pesona. Mampu memahami khazanah ilmu pengetahuan dengan kearifan yang lebih nikmat. Dengan sendirinya potensi diri dapat dikembangkan dengan berbagai keterampilan yang amat berguna untuk kelak mencapai kesuksesan dalam kehidupan. Keterampilan membaca perlu dilatih sejak dini, dan menjadikan sebuah kebisaan yang pada akhirnya akan membentuk suatu kebudayaan.

Persoalan minat baca menjadi peranan kita sebagai generasi muda bangsa untuk menuju peradaban dunia maka diraih dengan buku atau sumber informasi sebagai jendela dunia. Tak ada kata terlambat, semua bisa dimulai dari sekarang dan raih manfaatnya. Ada pesan yang berbunyi "Kalau bukan kita sebagai generasi muda siapa lagi kalau bukan sekarang kapan lagi." Ayoo minat baca menjadi kebiasaan.

   

        


Inspiration Category

#YukHusnudzon! Acara Pemuda Aceh Africa Agenda Agent Pembicara Alumni Ambassadors America Arabian Arti Hidup Asean Asia Audio MP3 Ayat Motivasi Bali Banten Bengkulu Berita Pemuda Bersyukur Buku Bahas Pemuda Bung Faisal Catatan Masa Muda Ceramah Character Building Cinta Qur'an Conference Da'i Dasar Kebijakan Download Ebook EduWeb Europe Exstra Fenomena Masyarakat Gathering Sahabat PIC Gerakan Pemuda Global vision Go Edu Travel Gorontalo Honeymoon Backpacker How To Indeks Motivasi Indonesia Inspirasi International Conference Islam Internasional Islam Nusantara Jakarta Jambi Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Kalimantan Selatan Kalimantan Barat Kalimantan Tengah Kalimantan Timur Kalimantan Utara Karir Kerja Karya #SahabatPIC Karya Ambassador Karya Team Karya Tokoh Keluarga Muda Kemendikbud Kemenpora Kepulauan Bangka Belitung Kepulauan Maluku Kepulauan Riau Lampung Layanan Links Liputan Media Maluku Maluku Utara Motivasi Motivasi Inspirasi National Conference Nationalism Nekad Delegates Nusa Tenggara Barat Nusa Tenggara Timur Outbound Papua Papua Barat Peduli Pemuda Pelatihan Ramadhan Pemberdayaan Pemuda Pemerintah RI Pemuda Desa Pemuda Kece Membaca Pemuda Qur'an Penerbit Buku Pengembangan Pemuda PHBI PHBN Photo PIC Pustaka Poster Profil Profil Motivator PIC Center Program Public Speaking Training Puisi Pulau Jawa Pulau Papua Pulau Sumatera Quotes Inspirasi Qur'an Renungan Riau Rules Sahabat PIC Sejarah Pemuda Seminar SpeakUp Course Sukses UN Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara Testimoni Tips Belajar Tips Bergaul Tips Berprestasi Tips Cinta Tips Facebook Tips Ibadah Tips Jejaring Sosial Tips Membaca Tips Pendidikan Tips Remaja Tips Semangat Tips Wanita Tokoh Inspirasi Tokoh Pemuda Training Anak Muda Training Entrepeneurship Training Leadership Training Motivasi Training SMA SMK MA Travel Training True Story UKMWeb Video Visualisasi Afirmasi Mimpi Writer Training YHNC Yogyakarta Young Husnudzon Youth Achievement

Translate

UKMWeb

UKMWeb
Jasa Pembuatan Website Profil Bisnis .COM

Inspiration Links